RANCANGAN SISTEM PAKAR


Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga Intelegensi Artifisial atau disingkat AI, didefinisikan sebagai entitas ilmiah. Sistem seperti ini biasanya dianggap komputer, kecerdasan diciptakan dan dimasukkan kedalam suatu mesin agar dapat menjalankan suatu pekerjaan seperti manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan diantaranya Sistem Pakar, Permainan, dan Robotika.

Kecerdasan Buatan, merupakan sub bidang pengetahuan komputer yang khusus ditujukan untuk membuat Software dan Hardware yang sepenuhnya bisa menirukan beberapa fungsi otak manusia. Kecerdasan Buatan dapat dipandang dari sudut pandang, antara lain :

1. Sudut Pandang Pengguna
Kecerdasan buatan akan membuat mesin menjadi cerdas, mampu berbuat, melakukan, ataupun mengerjakan sesuatu sesuai seperti yang manusia lakukan.
2. Sudut Pandang Penelitian
Kecerdasan buatan adalah suatu studi bagaimana membuat agar komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang manusia kerjakan.

Awal Mulai Kecerdasan Buatan
Pada awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada 1642. Pada 19, Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis yang dapat diprogram.
Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang merombak logika formal. Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan "Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas " pada 1943 yang meletakkan fondasi untuk jaringan saraf.
Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah "kecerdasan buatan " pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini, pada 1956. Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan Turing memperkenalkan "Turing test" sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.
Rancangan Sistem Pakar
Sistem Pakar yang akan saya buat adalah Sistem yang dapat meprediksi film, tv series, anime, dan drama korea apa yang sesuai dengan keinginan kita, sistem ini sangat cocok untuk para penggemar film dan rivewer film. Cara kerja sistem ini adalah pengguna dapat langsung melihat2 film yang sedang tayang di bioskop dan pengguna dapat melihat pemenang film penghargaan atau aktor penghargaan, di setiap film terdapat nama – nama aktor yang memainkan peran film, rating film, berita tentang film tersebut, dan dapat menonton trailer atau teaser film. Jika pengguna ingin melihat review film dari pengguna lain atau pengguna ingin memberikan rating dan review, pengguna harus mendaftar akun di sistem tersebut. Saat pengguna melihat suatu film, maka sistem akan secara automatis memberi saran film dengan genre yang sama. Di dalam sistem ini tidak hanya dapat mencari nama-nama film dan melihat review saja, tetapi pengguna juga dapat mencari nama aktor atau produser yang membuat film dan memainkan film.

Komentar

Postingan Populer