RANCANGAN SISTEM PAKAR
Kecerdasan
buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur
dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga Intelegensi Artifisial atau
disingkat AI, didefinisikan sebagai entitas ilmiah. Sistem seperti ini biasanya
dianggap komputer, kecerdasan diciptakan dan dimasukkan kedalam suatu mesin
agar dapat menjalankan suatu pekerjaan seperti manusia. Beberapa macam bidang
yang menggunakan kecerdasan buatan diantaranya Sistem Pakar, Permainan, dan
Robotika.
Kecerdasan
Buatan, merupakan sub bidang pengetahuan komputer yang khusus ditujukan untuk
membuat Software dan Hardware yang sepenuhnya bisa menirukan beberapa fungsi
otak manusia. Kecerdasan Buatan dapat dipandang dari sudut pandang, antara lain
:
1. Sudut
Pandang Pengguna
Kecerdasan buatan akan membuat
mesin menjadi cerdas, mampu berbuat, melakukan, ataupun mengerjakan sesuatu
sesuai seperti yang manusia lakukan.
2. Sudut
Pandang Penelitian
Kecerdasan buatan adalah suatu
studi bagaimana membuat agar komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang
manusia kerjakan.
Awal
Mulai Kecerdasan Buatan
Pada awal
abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah
apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise
Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada 1642.
Pada 19, Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada
mesin penghitung mekanis yang dapat diprogram.
Bertrand
Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang
merombak logika formal. Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan
"Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas " pada 1943
yang meletakkan fondasi untuk jaringan saraf.
Tahun
1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja
ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark
I di University of Manchester (UK): sebuah program permainan
naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan
catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah
"kecerdasan buatan " pada konferensi pertama yang disediakan untuk
pokok persoalan ini, pada 1956. Dia juga menemukan bahasa
pemrograman Lisp. Alan Turing memperkenalkan "Turing
test" sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku
cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA,
sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.
Rancangan Sistem Pakar
Sistem Pakar yang akan saya buat adalah Sistem yang dapat meprediksi
film, tv series, anime, dan drama korea apa yang sesuai dengan keinginan kita,
sistem ini sangat cocok untuk para penggemar film dan rivewer film. Cara kerja
sistem ini adalah pengguna dapat langsung melihat2 film yang sedang tayang di
bioskop dan pengguna dapat melihat pemenang film penghargaan atau aktor
penghargaan, di setiap film terdapat nama – nama aktor yang memainkan peran film,
rating film, berita tentang film tersebut, dan dapat menonton trailer atau
teaser film. Jika pengguna ingin melihat review film dari pengguna lain atau
pengguna ingin memberikan rating dan review, pengguna harus mendaftar akun di
sistem tersebut. Saat pengguna melihat suatu film, maka sistem akan secara
automatis memberi saran film dengan genre yang sama. Di dalam sistem ini tidak
hanya dapat mencari nama-nama film dan melihat review saja, tetapi pengguna juga
dapat mencari nama aktor atau produser yang membuat film dan memainkan film.
Komentar
Posting Komentar